Rumusan
Kompetensi Dasar Agama Islam untuk SD
Kurikulum 2013
Kls I
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman
terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2 Mensyukuri karunia
dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.3 Bersuci sebelum
beribadah
1.4 Membaca Basmalah setiap memulai
aktivitas
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Memiliki perilaku bersih
badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman
makna bersuci
2.2 Memiliki perilaku kasih
sayang kepada sesama
sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
2.3 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota
keluarga sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S.
Al-Ikhlas
2.4 Memiliki perilaku rajin belajar sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat 1 s.d. 5
2.5 Memiliki sikap pemaaf sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal pesan-pesan yang terkandung di
dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5
3.2 Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.3 Mengenal
makna dua kalimat syahadat sebagai
bagian dari rukun Islam yang pertama
3.4 Mengenal
makna do’a sebelum dan
sesudah belajar
3.5 Mengenal tata cara bersuci
3.6 Mengenal shalat dan kegiatan agama yang
dianutnya di sekitar rumahnya melalui
pengamatan
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Muhammad
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Melafalkan
dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
4.2
Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.3
Melafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
4.4
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar
dan jelas
4.5
Menceritakan contoh perilaku kasih sayang
sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
4.6
Mempraktekkan
tata cara
bersuci
4.7
Menceritakan
kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
4.8
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
Kls II
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Berwudhu sebelum
shalat
1.2 Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Berdo’a sebelum dan sesudah makan
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2 Menunjukkan perilaku bersih lingkungan sebagai implementasi dari
pemahaman makna berwudhu
2.3 Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari
pemahaman makna berwudhu
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2 Mengenal hadits yang terkait dengan
anjuran menuntut ilmu
3.3 Mengenal hadits yang terkait dengan
perilaku hidup bersih dan sehat
3.4 Mengenal makna tawakkal dan tawadhu’
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Fatihah dan Al Ikhlas
3.5 Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6 Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7 Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah
makan
3.9 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Melafalkan Q.S. An-Nas dan
Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan
sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan
kesehatan
4.4 Mempraktekkan wudhu dan
do’anya dengan tertib dan benar
4.5 Memperaktekkan shalat dengan tata cara
dan bacaan yang benar
|
Kls III
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Melaksanakan
shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
1.2 Berdzikir dan berdoa
setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna
ibadah shalat.
2.3 Menunjukkan
perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4 Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat dan patuh kepada
orangtua sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim
A.S. dan Nabi Ismail A.s.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui
keesaan Allah Yang Maha Pencipta
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai
di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.3 Mengerti makna
shalat sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
3.4 Mengerti makna
dzikir dan doa setelah shalat sebagai wujud dari pemahaman
Q.S. al-Kautsar
3.5 Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di
rumah dan sekolah
3.6 Mengetahui kisah keteladanan (rasa ingin tahu, sabar, dan rela
berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua) sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.s.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Membaca kalimat-kalimat dalam
Al-Qur’an dengan benar
4.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar dengan
lancar
4.4 Mencontohkan perilaku mandiri,
percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat
Allah qiyamuhu
binafsihi, wahdaniyat,
Qudrah dan Iradah
4.5 Mempraktikkan
tata cara shalat, dzikir, dan doa
setelah shalat secara benar
4.6 Menceritakan
pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
|
Kls IV
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Melaksanakan shalat secara khusu’ dan tepat waktu sebagai wujud
dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.2 Mengamalkan kebajikan kepada sesama manusia sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3 Menghindari perilaku
tercela sebagai implementasi dari pemahaman
ibadah shalat
1.4 Menerima keberadaan malaikat-malaikat
Allah
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1 Menunjukkan sikap beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar.
2.3 Menunjukkan sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari
kisah keteladanan Nabi Musa A.S.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengerti
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar.
3.3 Mengerti
hikmah dan keutamaan shalat
3.4 Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa
A.S.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un
dan Al-Fil dengan tartil
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma’un dan Al-Fil dengan lancar.
4.4 Mencontohkan sikap
santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar
4.5 Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di
rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
4.6 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa
A.S.
|
Kls V
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menyakini
Al-Qur’an dan rasul yang menerimanya sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.2 Mengamalkan isi kandungan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dalam kehidupan
1.3 Melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4 Melaksanakan shalat tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul Nya
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
2.1 Menunjukkan perilaku
suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Insyirah
2.2 Menunjukkan sikap saling mengingatkan
dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3 Menunjukkan sikap jujur sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladan
Nabi Muhammad SAW
2.4 Menunjukkan sikap sabar dan pengendalian
diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
|
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengenal
nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi sebagai implementasi pemahaman rukun iman
3.2 Memahami
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi
rukun iman
3.3 Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan
Al-Insyirah dengan benar
3.4 Mengetahui hikmah
puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.5 Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik
dan benar
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.3
Menunjukkan
hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.4
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan
dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At Tin
4.5
Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
4.6
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
Kls VI
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi
dari pemahaman Rukun Iman
1.2 Menyakini adanya Qadha dan Qadar sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Iman
1.3 Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun
Islam
1.4 Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
ayat 2
1.5 Bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
ayat 2
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
2.1 Menunjukkan sikap
toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi
dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2 Menampilkan perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan iman kepada
Qadha dan Qadar
2.4 Menunjukkan sikap tabligh dan fathonah
sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui
makna Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2 Memahami makna tabligh dan fathonah
yang merupakan sifat Nabi Muhammad SAW
3.3 Memahami
hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan
Qadar yang
dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5 Memahami hikmah zakat , infaq dan
sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Membaca
Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan jelas dan benar
4.2
Menulis Q.S.
Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.3
Menyebutkan
arti Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.4
Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5
Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar
dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Iman
4.6
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar